Mengenal Kode-Kode Pada Barang Berbahan Plastik

Bahan plastik terdiri dari berbagai macam bentuk dan fungsi nya. Dalam kehidupan sehari hari kita tidak pernah jauh dari barang yang berbahan plastik. Diantaranya adalah, tempat makanan, tempat minuman, mainan, peralatan dapur, peralatan kerja, hiasan dan lainnya. Tapi yang harus diperhatikan adalah jenis-jenis plastik mana yang layak dipakai untuk menyimpan makanan dan minuman.

Ada plastik yang bisa dipakai sekali saja, ada plastik yang bisa dipakai berulang dan ada juga yang tidak boleh dipakai untuk menyimpan makanan atau minuman. Oleh karena itu alangkah baiknya kita mengenal kode-kode tersebut agar kita terhindar dari plastik yang berbahaya.

1. PET atau PETE (Polyethylene Terephthalate)

Bahan ini bisa dipakai untuk tempat makanan atau minuman, namun hanya sekali pakai saja, jangan dipakai berulang-ulang karena plastik akan terkikis dan bisa menimbulkan racun DEHA yang berbahaya jika terbawa makanan atau minuman.

2. HDPE (High-density polyethylene)
Untuk Pemakaian yang lebih dari satu kali, bahan ini lebih aman dibanding bahan plastik lainnya. Biasa dipakai untuk botol susu, galon isi ulang,botol shampo, oli dan lainnya.

3. PVC (Polyvinyl chloride)
Biasanya bahan ini dipakai untuk pipa plastik, mainan, bungkus makanan dan daging. Tidak cocok untuk dijadikan botol minuman atau tempat makanan karena berbahaya untuk kesehatan

4. PE-LD (Low-density polyethylene)
Bahan ini aman untuk dijadikan pembungkus atau kemasan sayur, roti, koran dll.

5. PP (Polypropylene)
Ini bahan yang aman Untuk dijadikan tempat makanan atau minuman dan kebutuhan dapur lainnya. Biasa dipakai untuk botol susu, botol obat, plastik bungkus makanan, ember dll.

6. PS (Polystyrene)
Bahan yang biasanya dipakai pada tempat makan an atau minuman yang sekali pakai ini memiliki sesuatu yang berbahaya. Terutama jika terkena panas dan bersentuhan dengan makanan atau minuman. Jadi hindari pemakaian bahan ini agar tidak bersentuhan langsung dengan makanan atau minuman apalagi kepanasan.

7. Other
Hindari kode jenis ini untuk keperluan tempat makanan atau minuman. karena jenis ini tidak termasuk dari salah satu jenis lainnya. sehingga kurang jelas bahaya atau tidaknya untuk makanan atau minuman.
jelas.

* sini gera

 

 

Referensi di web lain dengan pembahasan serupa :