Cara Mengatasi Motor Mogok Akibat Air Hujan

Ada beberapa yang harus kita periksa disaat motor mogok setelah kena hujan besar atau terkena banjir. diantaranya adalah busi, knalpot dan karburator. Pemeriksaan ini bisa kita lakukan sendiri jika ada peralatan pendukung nya, diantaranya adalah kunci busi dan obeng.


Busi

Periksa kondisi Busi motor Anda. Yaitu salah satu komponen yang sangat penting pada mesin sepeda motor, karna titik api untuk menghidupkan mesin motor. Busi sangat sensitif apabila terkena air sehingga bisa berakibat tidak berfungsi dengan baik.

Coba lepaskan busi dari mesin dan jangan lupa menutup lubang busi pada mesin motor untuk menghindari benda atau debu masuk kedalam mesin. Kemudian gosok atau lap busi menggunakan kain kering yang bersih, ingat harus pakai kain kering dan bersih karna kalau pakai kain basah dan kotor malah akan memperburuk keadaan. Gunakan sikat untuk membersihkan kepala busi dan ujung elektrodanya atau bisa juga menggunakan ampelas.

Sebelum busi dipasang kembali, bersihkan lubang busi dengan cara mengengkol (kick starter) motor sebanyak 3 sampai 5 kali. Dan pastikan kunci kontak motor dalam posisi mati, serta kain penyumbat lubang busi tetap menutupi lubang busi. Atau bisa juga dengan hanya mengelap lubang busi menggunakan kain kering dan bersih. Setelah itu barulah pasangkan busi dengan erat.

Knalpot

Selanjutnya periksa knalpot motor anda, caranya buatlah bagian belakang motor berada pada ketinggian yang lebih rendah dengan cara menggunakan standar tengah yang diganjal dengan balok kayu atau dengan batu. Sehingga air yang berada di tengah knalpot dapat keluar melalui lubang knalpot yang ada pada bagian belakang. Setelah air di dalam knalpot keluar semua jangan lupa untuk memasukan sedikit oli untuk mencegah timbulnya karat didalam knalpot.

Karburator

Cobalah periksa karburator motor, karena mungkin saja air juga masuk ke dalam karbulator motor. Untuk membersihkan karburator tidak perlu dibongkar, cukup tutup keran saluran bensin (off) dari tangki ke karburator, kemudian putar baut saluran pembuangan karbrator. Setelah bensin dan air keluar putar kembali baut pembuangan hingga seperti semula, setelah itu buka kembali keran saluran dari tangki ke karbulator. Dengan begitu diharapkan air yang di karburator akan keluar berama bensin.

Panaskan Mesin

Setelah semua pengecekan dilakukan, coba nyalakan motor dengan menggunakan kick starter, Suhu yang dingin yang di akibatkan air hujan bisa juga mempengaruhi motor yang mengalami suhu dingin. Untuk mengatasinya cobalah mengengkol (kick starter) motor anda sebanyak 4 sampai 6 kali dalam posisi mati. Setelah itu baru nyalakan kunci kontak motor, lalu mengengkolnya kembali, dan sebelum jalan panaskan mesin untuk mengembalikan suhu normal mesin motor.