Jembatan Kamojang ( Kamojang Hill Bridge )

Kamojang memiliki jembatan yang menarik bagi para wisatawan. Jembatan Kamojang disebut juga Jembatan Cukang monteng yang berada di Desa Laksana Ibun Kabupaten Bandung. Dengan warna kuning yang menyolok, membuat jembatan kamojang ini menjadi sangat menarik walau dilihat dari kejauhan. Selain bagus buat selfi, pemandangan di sekitar jembatan kamojang pun sangat indah dan sejuk.

Fungsi jembatan kamojang ini adalah untuk menghubungkan daerah Kabupaten Bandung dengan Kabupaten Garut, sehingga memudahkan transportasi khususnya bagi petani untuk membawa hasil pertanian nya. Selain itu jalur ini menjadi jalur idaman bagi yang ingin bepergian ke arah garut tanpa kena macet.

Tapi kita harus berhati-hati. Di balik keindahan itu banyak tanjakan dan turunan. Sebaiknya jika kita akan berkunjung ke jembatan kamojang atau kita akan bepergian ke garut melalui jalur ini, sebaiknya perhatikan kondisi mesin dan rem kendaraan yang kita pakai, karena mesin dan rem sangat lah diperlukan di jalur ini, kendaraan akan cukup bekerja keras disaat menanjak.. Dan rem akan kerja keras dan panas pula ketika diurunan.

Bagi pengendara motor matic, sebaiknya tidak sembarang orang yang nyetir, karena diperlukan keahlian dalam mengatasi turunan.

Disaat motor melaju di jalan turunan, maka rem lah yang menjadi penentu keselamatan motor matic, jika rem sampe blong atau menjadi blong karena panas, tidak ada alternatif lain untuk menghentikan laju motor. Berbeda dengan motor yang memakai gigi, jika rem blong, kita bisa menurunkan gigi ke gigi rendah agar motor melambat,

Jadi jika ingin melewati jalur ini, sebaiknya kendaraan dalam kondisi yang sangat baik, terutama rem dan mesin.