NASA Menemukan Sistem Planet Terbaru Bernama TRAPPIST-1 Yang Bisa Mendukung Kehidupan

trappist-1 adalahAwalnya NASA mengira itu adalah debu pada lensa, Ternyata astronom telah melihat tujuh planet seukuran Bumi di sekitar bintang terdekat, beberapa atau semua yang bisa pelabuhan air dan mungkin kehidupan.
Kejadian ini di peringati juga oleh Google melalui Goggle Doodle nya. Google Doodles – Seven Earth-size Exoplanets Discovered!

Apakah itu Trappist-1?

Trappist-1 singkatan dari Transiting Planets and Planetesimals Small Telescope. Penemuan ini adalah, bintang kecil redup di konstelasi Aquarius, denga jarak kurang dari 40 tahun cahaya dari Bumi, atau 235.000.000.000.000 mil jauhnya, menurut NASA dan tim peneliti Belgia yang dipimpin yang mengumumkan penemuannya pada Rabu (23/02/2017).

Bagaimana Langkah Selanjutnya
Para ilmuwan perlu mempelajari atmosfer planet-planet hampir pasti berbatu sebelum menarik kesimpulan tentang air dan kehidupan.

Teleskop Ruang Angkasa Hubble sudah ada pada kasus dan masih under construction James Webb Space Telescope akan bergabung dan diluncurkan tahun depan.

Webb akan mencari gas yang mungkin menjadi produk sampingan dari kehidupan: oksigen, ozon dan metana. Para ilmuwan mengatakan harus mengambil lima tahun untuk mendapatkan pegangan pada semua atmosfer ini, dan mencari tahu apakah air – dan mungkin kehidupan – yang hadir.

Source : telegraph.co.uk, NASA.

 

Mudah-mudahan suatu saat, manusia akan wisata ke Planet 🙂

 

**sinigera